Merangkai Kekuatan Dalam Keterbatasan
Oleh: Dra. Hj. Raja Muda Asmida, M.Pd
“Assalamualaikum sahabatku diseberang”, sayup dan agak riuh tedengo“ Waalaikum Salam...”jawab orang diseberang , nanti aku hubungi awak ye sekarang aku lagi ade pasien, lanjut mida, ok2x aku paham kau sedang busy, aku cume nak menyampaikan ade file aku kirim via wa dikau tentang pentingnye pemahaman keluarga tentang salah satu anak kemenakan yang autisme, waktu istirahat bolehlah kau bace sambil ngopi, jangan dibahas hari ini masalahnye aku kejab lagi menghadiri musrenbang di kecamatan, ade beberape usulan yang akan disampaikan, ok ye terimekasih assalamualaikum ucapku mengakhiri percakapan.
Diseberang disela istirahat siang dengan kopi semumbung, mida membace sambil mencerna tiap detil kalimat yang lumayan panjang yang dikirim via wa yang tidak seperti biasenye, mida dengan kaki naik kekursi sambil membukak gule - gule hacks kesukaan mencobe menelaah kekawatiran dari pemikiran untuk jangka panjang dari seorang oma “Sahabatku diseberang, ini suratku yang pertama dalam versi berbeze dan agak sedikit aneh saat kau membacenye, tapi ini harus kau tau dan harus kau bace berulang ulang sebagai seorang yang berkecimpung dalam masalah kesehatan,perkembangan perilaku (jangan kalah ye dari aku yang sekarang lagi observasi masalah anak autisme), pasti kau menjawab “ tak heran, setau aku sudah dekat 3 (tige) tahun dikau dengan kegiatan baru ini, dan telahpun kau menemukan beberape simpulan penting tentang perilaku anak autisme tersebut yang paling utame untuk orang tue yaitu menerime apa adanye sebagai amanah yang telah diberikan Allah SWT, kemudian berikhtiar dengan berusaha mencari rezeki selain kerje pokok sebab anak autisme butuh biaya yang sangat besar untuk terapi yang berkemungkinan tak bebatas, belum lagi biaya sehari hari lainnye dan terakhir diserahkan pade yang punye segalanye Allah SWT, simpulan dikau itulah yang jadi PR bagi aku khususnye diseberang”, mida tersenyum membace jawaban yang boleh dikatekan same dengan pikiran die.
“Die anak autisme, begitulah perilaku die seterusnye, jangan disamekan dengan anak biase” ucap mida dalam balasan die tak beberape lame setelah aku hubungi, menguatkan pendapat aku, “sudah betul engkau tu mengingatkan orang terdekat khususnye orang tue budak kecik tu, bio die bepike jangan lalai sekarang aje waktu aku bace surat dikau yang dulu, kalau bangkit tantrum die tak dapat mengape tidak, dengan cepat tangan die mengetuk kepale, kalau ditahan diketuk die pulak kaki, selanjutnye telinge, ya Allah....,walau bergerak dimedis dengan pengalaman yang baru sedikit aku salut dengan mike semue, khusus dikau as, aku tak tau udah berape sumber yang engkau bace dan telaah padehal kesibukan dikau seabrek wau3x... namun bisa-bisanye dikau meluangkan waktu, hebat dikau ini cocoknye orang macam dikau ini diseberang, semuenye sangat lengkap hahaha...”puji mida. Tapi syukurlah kalian saling bahu membahu, tau posisi bak kate orang melayu tak dapat penuh keatas , penuh ke bawah, tak dapat juge ape yang dapat ditolong. Oh ye, dikau udah mantap tu menyampaikan secare ilmu dan pengalaman keluarga yang anaknye juge autisme sebagai gambaran akan tantangan yang akan dihadapi orang tue, sekarang saat (abi) yang sedang di Pekanbaru, sudah baguslah dikau sampaikan jadi tidak ade penyesalan, kalau die tak mau mendengo, yang tidak menangkap juge saat dicakap tak salah kite selaku keluarga dekat, tapi kalau tidak paham juge budak-budak ni, untuk ikhlas menerima kondisi anaknye yang autisme ini, semakin memparah keadaan tengok ajelah sekarang, kalau dari awal mak dan bapak die membukak pikiran, mate hati tidak macam ini liatnye, tak salah dikau lagi, seperti yang dikau sampaikan “udah banyak contoh aku kasih, pengalaman kawan-kawan yang kenal sewaktu berbagai kegiatan walau kawan sambil lalu tapi pengetahuan mereka menjadi pelajaran bagi kite, kalau sudah diterapi sejak awal dengan baik Insya Allah perilaku die sudah dapat diawasi tidak seperti sekarang, menengok aje dipanggil tidak, belum fokus masih dibantu, tengok buku perilaku dari dokter itu sebagai dasar kite melatih dirumah jangan kalian pendam buku tu seperti dulu kalian memendam budak (tidak diterapi) padehal sudah tau anak autisme”.
Aku masih membace pendapat mida di seberang diiringi suare tommy j. pisa melantunkan lagu ellisa yang membuat aku haru dan cube menepis sosok bayang samar walau butir bening disudut mate tak mampu ditahan, aku cube fokus terhadap surat yang dikirim mida di seberang tentang tanggapan die akan tulisan aku, “heran juge aku as begitu banyak sumber bacaan untuk menambah wawasan, baik media cetak maupun elektronik, tak mungkinlah mereka gatek apelagi mereke orang bersekolah punye pendidikan jadi bukan salah buku sebetulnye tapi manai (datuknye malas), malahan pola pikir dikau as sudah sampai puluhan tahun kedepan, memikirkan perkembangan anak autisme, tidak membiarkan mereka dengan keterbatasan, ujar mida. Aku juge sependapat waktu dikau menegur bah budak tu, macam manepun tentu dikau salah satu yang paling tau dengan die sejak kecik lagi, sudah betul dan seharusnye dikau mengingatkan“kalian bedue suami istri jangan memikirkan sekarang tapi 20 (due puluh) tahun lagi ape masih kuat kalian memegang die, ape kite akan sehat selamenye, bukak mate hati, pikiran kalian mak bapak jangan diam aje belete, arahkan die, besabo melebihi apepun sebab budak lawo SQS ini anak autisme, seharusnye kalian bersyukur pade Allah SWT, die udah kuat bejalan walau masih goyang belum stabil, sudah pandai menjawab "iya" sudah tu oma die, Alhamdulilah sehat, ade rezeki dan begitu juge keluarga kite Alhamdulilah sudah terbiase saling membantu, kalau tidak ambeklah calculator hitung, bio kalian tau betepa perlu merancang segale kebutuhan sejak awal, begitu juge yang lain membantu kekuatan tenaga, sampai ai yang anak SD itu juge membantu saking prihatin nengok adek sepupunye walau die belum betul- betul paham akan masalah yang terjadi begitu juge yudi dan joti yang tenage masih kuat apelagi omanye dan ibu yanti, luar biase menolong supaye anak ini dapat sikit mandiri suatu hari nanti, walau tidak semandiri anak biase, namun jadilah untuk tahap awal, kalau tidak dilatih (terapi) mane die tau sedangkan anak tidak berkebutuhan khusus aje perlu mengulang pelajaran apelagi anak khusus, bedanye menurut hemat aku" kalau anak tidak berkebutuhan khusus kalau bodoh karena die malas belajar, sedangkan anak khusus (autisme) karne ade yang terputus dimane tempat memproses input tidak mampu menghasilkan output yang dikehendaki ”.
Bagus juge dikau ingatkan die as, supaye tidak membeli yang tak penting istilahnye harus jadi konsumen cerdas, menghadapi anak autisme ini selain mempersiapkan mental untuk menerime kondisi anak yang diamanahkan oleh Allah SWT, juge berbagai kebutuhan hidup sianak termasuk terapi semue harus dirancang, selain terapi di dokter ahlinye juge terapi sederhana yang dilakukan dirumah, oleh sebab itu selesai sesi terapi lanjutkan lagi dirumah dengan pedoman dari dokter, makenye buku perkembangan budak tu suruh mereke bace jadi tak naneng (pening), disitukan ade catatan perkembangan anak seperti yang dikau cakap kemaren seperti: die belum bisa fokus, semue masih dibantu, belum mau belajar. Tapi saat dikau menyuruh ibu yanti die membuang sampah bersame same dengan SQS yang memegang sampah sudah tepat tu, walau tak becakap tapi die menengok dan tau itu tempat sampah, pokoknye ingatkan aje as dengan orang dirumah untuk mengarahkan die jangan biokan die menyampakkan barang, atau perilaku merusak sebab die itu tak mengerti, jangan sampai jadi kebiasaan sangke die itu perilaku bagus, dari kecik inilah kite harus kuat mental khususnye orang tue, harus tega (sangat kasian sebetulnye tapi macam manelah) sebab kalau budak biase membuat perangai macam-macam setelah diingatkan senang aje menggetil (mencubit) die, tapi anak autisme ini tak dapat de... die memang payah menurut pengamatan aku memprosesnye dengan betul, jadi balek-balek lagi mak dan bapak khususnye harus kuat apelagi bile aku sikapi perkembangan anak autisme tiap saat berubah seperti yang kau simpulkan beberape waktu lalu, Astaghfirullah... Iyelah as, pasien aku yang comel-comel dah datang ni, bile-bile kite sambung lagi ucap mida. “iyelah terimekasih masukannye bile dikau dapat cuti rencanakanlah ke Riau, banyak wisata yang pasti dikau belum tau seperti wisata sungai siak yang merupekan sungai terdalam dan bersejarah di Indonesia, kemudian Istana Siak Sri Indra Pura, Mesjid Agung Madani Islamic Center Rokan Hulu sekalian ke Kotalama Kunto Darussalam menengok jejak Kerajaan Kunto Darussalam yang ditepinye ade sungai rokan yang airnye sudah keruh , tengok langsung jangan hanye membace dibeberape tulisan aku, pokoknye kelilinglah kite sudah itu sebelum balek seberang baru singgah ke PKBM Asmida Learning Center yang juge dilengkapi dengan TBM Asmida Learning Center, kau bisalah berpetualang dengan berbagai bahan bacaan yang ade, kalau ade koleksi buku yang nak kau sumbangkan boleh juge untuk menambah koleksi yang ade, suaikan...” yang dijawab mida “iye paham... udah aku siapkan pun untuk dikau kaji yaitu buku Geometri, Filsafat dan Manajemen” Alhamdulilah... . iyelah selamat bertugas dengan pasien khusus yang comel, oh iye ini ade aku kirim beberape fhoto kegiatan seharian SQS dengan orang-orang kuat dirumah yang aku sebut Bagai Merangkai Kekuatan Dalam Keterbatasan.
SQS pakai jaket dengan topi keren...berjalan menuju oma yang juge udah siap
SQS dah rapi, siap belajar...oma...
SQS bersame abi yang datang dari Selatpanjang berupaye membawak becakap walau tak ade reaksi sambil memasangkan jaket ke badan SQS, bebisik ape tu....dengan abi....
Bersame uncu anggi yang datang dari Selatpanjang, SQS makan roti dulu sebelum siap-siap mau belajar, bilelah roti ni nak abis hahaha...Uncu dengan berbagai cara seperti menunjukkan boneka agar SQS mau makan ngisi perut walau sikit, tapi tetap tak ngaruh hehehe...
Fhoto dan edit oleh :
Dra. Hj. Raja Muda Asmida, M. Pd