Minggu, 07 Mei 2017

ASMIDA: Fhotografi: Menangkap momen lewat lensa kamera Asmida

552017/PKU/Fhotografi
Fhotografi: Menangkap momen lewat lensa kamera Asmida.

Dunia fhoto memfhoto sebetulnye bukan hal yang baru bagi penulis karne sejak duduk dibangku SMP Negeri 1 Selatpanjang penulis sudah akrab dengan hal tersebut, berbekal kamera yasica dan olimpus yang waktu itu masih pakai filem mengantarkan penulis pada berbagai kegiatan lumayan menambah uang saku dan malahan dapat ditabung walau sikit lumayan...Oh ya masa itu hanya beberape orang yang punya kamera salah satunye keluarga penulis, sampai kini dunia fhotografi terus penulis asah walau dalam konteks yang berbeda. Sekarang dengan era digital lebih mudah lagi, dan semakin bertambah mudah karna hp juga menyediakan fasilitas tersebut, jadi dimana mana  saat momen bagus tinggal fokus dan jepret hehehe..., selesai tinggal edit sesuai selera dan kegunaan, kalau untuk diri sendiri penulis lebih cendrung apa adanya. Namun terlepas dari itu semua secara umum kita hanya mampu melihat yang nampak dari fhoto, hasil bidikan fhotogrefer apapun kelasnya dan melakukan penilaian "bagus atau tidak bagus " tentunya dengan berbagai sudut pandang masing2x yang tidak bisa disimpulkan karena masing-masing punye pandangan berbeda dan tidak pasti, tapi secara umum dari pengamatan tidak terstruktur penulis selama ini, orang hanya mampu sebagai peminat suatu fhoto tapi tidak bisa membaca makna terdalam dari fhoto yang dihasilkan, itu kenyataannya, tidak semua orang mempunyai ketajaman akan makna. Namun bagi seorang fhotogrefer yang malang melintang di dunia fhotografi hal tersebut menurut hemat penulis menyakitkan oleh sebab itu terus belajar mengasah kemampuan, menambah wawasan ditambah pengalaman berbagai event tentang fhotografi, kemudian coba mengambil momen dengan berbagai tingkat kesukaran akan dapat menambah kepekaan, kalau tidak kita bagai melihat fhoto yang hambar, tapi bagi yang sekedar hoby sah2x saje.

Berikut beberapa momen yang cube penulis tampilkan dengan sedikit kata syarat makna.


Qisye digendong abang ai dirumah oma di Pekanbaru, setelah beberape kali mengarahkan kamera akhirnye penulis mendapatkan 3 (tiga) fhoto dari ke tiga fhoto tersebut momen yang paling kuat yaitu saat ai melihat kamera sedang qisya melihat lurus kedepan dengan tangan menjuntai  (gambar momen 1 pilihan).

GB. Momen 1 Pilihan
Momen yang sangat sulit didapat, dan tidak semua orang bisa memaknai momen tersebut.

Gambar penulis ambil saat Qisya bersiap mau sekolah khusus, setelah beberape kali lensa kamera diarahkan didapat 3 momen, yang penulis ambil 1 gb yang menggambarkan emosi (lihat gb bawah)

GB. Momen 2 Pilihan
Menggambarkan makna emosi kegembiraan yang terpancar  yang cube penulis angkat, yang telah penulis edit dalam gb hitam putih.


GB. Momen 3 Pilihan
Saat Qisya melihat fhoto omnya yang sedang wisuda, penulis langsung mengabadikan dengan cepat momen tsb sebelum qisye bokisa hahahaha...kemudian penulis edit dalam gb hitam putih.


GB. Momen 4 Pilihan
 Momen ini pengambilan gb sangat sulit, setelah beberape lame memposisikan lensa kamera barulah didapat momen qisye mengelak cepat berlari  dari tbm alc dibelakangnye ade bang ai menemani, walau fhoto agak goyang tapi momen ini sangat memukau


GB Momen 5 Pilihan
Fhoto Qisya saat berlari dan bergerak cepat dengan langkah pasti, bekeliling dirumah oma, momen khusus dengan makna dalam cube penulis abadikan setelah beberape kali proses pengambilan gambar yang menantang, kemudian penulis edit.

GB Momen 6 Pilihan
"Bersama oma aku bisa", momen yang cube penulis tangkap dalam bahasa seni seorang yang hoby photografi kebahagiaan yang tak bisa dikatakan tapi terucap dalam makna diam, kemudian penulis edit dalam fhoto hitam putih, fhoto ini adalah salah satu fhoto pilihan.


GB Momen 7 Pilihan
Ai pergi mengaji dengan bekal lengkap, momen dengan seni tinggi bagi yang mengerti arti cube penulis angkat dengan pengambilan gambar jarah jauh, yang semuenye punye momen khusus setelah itu penulis edit dalam gambar hitam putih.


GB Momen 8 Pilihan 
Istirahat sejenak, merupekan fhoto saat ai bermain
Ketige momen ini memiliki arti tersendiri yang cube penulis abadikan dalam kecepatan dan ketepatan dengan pengambilan gambar dari depan setelah itu penulis lakukakan pengeditan dalam fhoto hitam putih.

GB Momen 9 Pilihan 
Momen libur divilla beberape waktu lalu merupakan tekhnik pengambilan yang termudah, dengan sedikit kosentrasi gambar sudah bisa didapat kemudian dilakukan proses edit dalam gambar hitam putih , namun  kekuatan dalam gambar ini adalah pada gambar si khusus qisye, kalau tidak sependapat juga tidak masalah kitakan berbeda dan tak mungkin semuanya sama.

Sampai disini dulu, bile2x kite sambung  sampai jumpe.
Pekanbaru, 07052017

Narasi, fhoto dan pengeditan oleh: 
Dra. Hj. Raja Muda Asmida, M. Pd